Guru Hebat Indonesia, Guru Bisa Nusantara!
Contoh Soal Pretest PPG 2022
Soal nomor 1
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah
kognitif adalah ….
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 2
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang
sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi
perkembangan kognitif anak adalah ....
A. inspirasi
B. budaya
C. inspirasi
D. pengasuhan dan lingkungan
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 3
Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan objek-obkek bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia ....
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12 - 14/15 tahun
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 4
Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe,
gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah
sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
....
A. anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
B. pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor)
C. dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak
terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 5
Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan
kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan ….
A. kognitif
B. sosial
C. emosional
D. moral
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 6
Seorang peserta didik mampu mengendalikan diri dengan
baik dalam berbagai situasi dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan
teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta
didik tersebut memiliki kecerdasan .…
A. moral
B. spiritual
C. sosial emosional
D. kognitif
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 7
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam
suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk
mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya
diskusi, dirinya memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan ....
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 8
Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas
benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang
lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan
kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada
tahapan ....
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 9
Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya
untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan
moral ....
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 10
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 11
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang
belum dipahami
C. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 12
Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi
yang disampaikan oleh guru, tetapi pada saat ditanya tidak mengerti apa yang ia
dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan atau gangguan belajar dalam
hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 13
Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada
maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah ....
A. membantu siswa agar dapat memecahkan masalah
pribadinya
B. membantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian
diri dengan lingkungannya
C. membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan
belajar
D. membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 14
Cara yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan
untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari
faktor sosial adalah ….
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 15
Apabila Anda sebagai guru menemukan peserta didik
mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang
akan dilakukan adalah .....
A. memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang
paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta didik
yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca buku
sumber
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 16
Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain
dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk teman daripada
belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang
memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. Hal tersebut merupakan penyadaran
kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ....
A. keluarga
B. sosial
C. kondisi fisik
D. intelektual
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 17
Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise).
Teori belajar yang dimaksud adalah .…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 18
Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 19
Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran
adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna
kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari
sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya.
Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 20
Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar
setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan
teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan di atas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 21
Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau
pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di
dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar .…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 22
Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan
hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam ....
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 23
Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari ....
A. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
B. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 24
Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses
pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ....
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar
untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar
lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus
dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan
pendidikan
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 25
Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah ....
A. materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta
didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap
satuan pendidikan
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 26
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk
setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih
dijabarkan dari ....
A. Silabus untuk pembuatan indikator dan tujuan
pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan
materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian
dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta
didik dalam upaya mencapai
KD
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 27
Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : Menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : Setelah pelaksanaan pemilihan
ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut, prinsip
digunakan adalah ....
A. memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. keterkaitan dan keterpaduan
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 28
Di dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar,
guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali ....
A. metode mengajar yang digunakan guru
B. karakteristik bahan ajar
C. waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 29
Seorang guru melakukan aktivitas pembelajaran sebagai
berikut,
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta,
melainkan diarahkan pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan
berkomunikasi.
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar
peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Berdasarkan aktivitas tersebut, guru dapat dikatakan
menggunakan pembelajaran yang berbasis ....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 30
Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit
pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian, proses
pembelajaran dikelas harus lebih menekankan .…
A. penggunaan media, alat peraga termasuk sumber
belajar
B. pemberian tugas yang terstruktur
C. penggunaan metode bervariasi
D. menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 31
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut ....
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis,
dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis,
dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi,
dan sÃntesis
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 32
Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan
taksonomi Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan ....
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis,
dan evaluasi
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis,
dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi,
dan, mencipta
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 33
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara
lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 34
Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah ....
A. waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. motivasi belajar siswa
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 35
Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang
media dan alat bantu pembelajaran adalah ....
A. memilih bahan untuk membuat media atau alat bantu
B. membuat media dan alat bantu sederhana
C. menggunakan media dan alat bantu
D. merawat media dan alat bantu
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 36
Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam ….
A. pencapaian standar kompetensi
B. pencapaian kompetensi dasar
C. pencapaian tujuan pembelajaran
D. pencapaian standar kelulusan
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 37
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah ....
A. mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang
belum dipahami
C. memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 38
Jika Anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami
kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan yang akan Anda
dilakukan adalah ....
A. memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang
paling depan
B. mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh
peserta didik
C. memberikan bantuan belajar kepada peserta didik
yang bersangkutan
D. menugaskan seluruh peserta didik membaca buku
sumber
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 39
Tindakan yang paling tepat dilakukan guru, jika
seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
adalah ....
A. menunjuk peserta didik lain untuk menjawab
pertanyaan tersebut
B. memberikan kritik agar peserta didik berusaha
menjawab meskipun salah
C. menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D. menjawab sendiri pertanyaan tersebut
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 40
Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip
pengembangan silabus, artinya ....
A. cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual,
sosial, emosional, dan spritual peserta didik
B. adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas)
antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
C. cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran,
pengalaman belajar, sumber
belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara
fungsional dalam mencapai kompetensi
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 41
Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL
adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. sharing dengan teman
B. guru kreatif
C. pengalaman nyata
D. menggunakan satu sumber
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 42
Di dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran,
Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji
kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman
ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut
memenuhi kriteria ….
A. sahih
B. kebermanfaatan
C. layak dipelajari
D. menarik minat
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 43
Ibu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara
dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan
dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Ibu Rossa
mengikuti pola ....
A. kausal
B. spiral
C. kronologis
D. inquiri
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 44
Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh
sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah
untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke
dalam kriteria ....
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
Kunci
jawaban : D
Soal nomor 45
Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru
dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan
dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang
pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah .…
A. pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa
dan sekolah
B. pendidik harus memahami karakteristik dari media
pembelajaran tersebut
C. pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan
sekolah
D. pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 46
Pada saat menyiapkan pembelajaran seorang guru harus
dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari
kemampuan jangkauannya, media dapat dibedakan menjadi ....
A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media
yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 47
Di dalam ruang media tersedia berbagai macam media
yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif,
sebaiknya Anda dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan
digunakan. Anda memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan Anda dalam memilih media pembelajaran
yang harus diperhatikan adalah ....
A. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu
pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
B. sasaran didik, karakteristik media, waktu
mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
C. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi
sekolah dan konteks penggunaan
D. kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan
karakteristik media
Kunci
jawaban : A
Soal nomor 48
Seorang guru harus mampu memanfaatkan media
pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ....
A. media pembelajaran yang paling baik adalah media
yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam
suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar
tidak merepotkan
Kunci
jawaban : C
Soal nomor 49
Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran
yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki
tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya,
media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
A. menampilkan objek yang terlalu besar
B. membuat konkrIt konsep yang abstrak
C. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan
mata telanjang
D. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar
Kunci
jawaban : B
Soal nomor 50
Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran.
Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih
efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep atau
objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini salah satu fungsi dari media pembelajaran
sesuai kondisi tersebut adalah ....
A. menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya
pasar dan candi
B. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di
dalam lingkungan belajar
C. membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk
menjelaskan peredaran darah
D. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan
mata telanjang
Kunci
jawaban : A
0 Komentar untuk "Soal - Soal Pretest PPG 2021 , Sebagai Bahan Pembelajaran Yuk Simak "